BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Perbaikan Tiap Siklus
1. Siklus 1
a. Skenario Perbaikan
1) RKH 1
Skenario Perbaikan
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 1
Hari/Tanggal : Senin, 24 Februari 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Menyebutkan gerakan-gerakan, misal : jongkok, duduk, berlari, makan, dll.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran kemudian duduk.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Melafalkan kalimat syahadat.
b. Peneliti mempraktekan gerakan-gerakan misal jongkok, duduk, berlari, makan, dan lain-lain.
c. Peneliti menanyakan kepada peserta didik tentang gerakan-gerakan misal jongkok, duduk, berlari, makan, dan lain-lain dan supaya mempraktekkan di depan kelas.
d. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang mau menjawab pertanyaan, sehingga terjadi interaksi aktif antara peserta didik dan Peneliti.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Menghitung jumlah gambar balon di lembar kerja peserta didik kemudian menuliskan angkanya.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Lantai diberi karpet dan 3 meja pendek.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok yaitu Kelompok Jeruk, Kelompok Mangga dan Kelompok Apel.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar orang yang sedang BAB
b. Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar orang yang sedang BAB dengan pensil warna sesukanya.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung jumlah gambar balon bersama-sama yang ada di Lembar Kerja Peserta didik.
d. Peneliti meminta peserta didik untuk menuliskan angka yang sesuai dengan jumlah gambar balon yang sudah dihitung bersama-sama.
e. Peneliti melempar bola ke keranjang.
f. Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung jumlah lemparan bola ke keranjang.
g. Peneliti meminta peserta didik menempel angka yang sudah disediakan sesuai jumlah lemparan bola di buku menempel oleh Peneliti menggunakan lem kertas.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara berdasarkan percobaan.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan masih tetap diberi 3 meja seperti pada kegiatan inti.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik-peserta didik duduk disamping meja.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti membagikan gula, garam, dan lain-lain kepada peserta didik-peserta didik.
b. Peneliti meminta peserta didik untuk mencicipi gula, garam dan lain-lain.
c. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang bisa menyebutkan dengan benar rasa garam, gula dan lain-lain.
2) RKH 2
Skenario Perbaikan
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 1
Hari/Tanggal : Selasa, 25 Februari 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Menirukan kembali 4-5 urutan kata.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran kemudian duduk.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti dan peserta didik menghafalkan “Tepuk Hujan”.
b. Peneliti menunjukkan gerakan yang sesuai dengan lagu “Tepuk Hujan” satu per satu dan meminta peserta didik mengikutinya dan di ulang sampai semua gerakan diperlihatkan dan diikuti.
c. Peneliti dan peserta didik bergerak dan bernyanyi sesuai syair “Tepuk Hujan”.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Memberi tanda () pada gambar peserta didik yang bisa menghemat air dan tanda (X) pada peserta didik yang melakukan pemborosan air.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Lantai diberi karpet dan 3 meja pendek.
c. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok yaitu Kelompok Jeruk, Kelompok Mangga dan Kelompok Apel.
b. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar kepada peserta didik.
b. Peneliti bertanya kepada peserta didik tentang perilaku peserta didik yang berada pada gambar (baik/buruk).
c. Peneliti meminta peserta didik untuk menunjuk gambar perilaku yang benar (menghemat air).
d. Peneliti meminta peserta didik untuk menunjuk gambar perilaku yang salah.
e. Peneliti menunjukkan contoh gambar yang salah untuk diberi tanda (X) dan gambar yang benar diberi tanda ().
f. Peneliti meminta peserta didik untuk memberi tanda seperti yang diperintahkan Peneliti pada gambar.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Bercakap-cakap menjelaskan apa yang terjadi jika balon ditiup lalu di lepaskan.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan di atur tanpa meja dan kursi, hanya diberi karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok dan membuat lingkaran kecil.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan balon yang belum ditiup kemudian membagikannya kepada peserta didik satu per satu.
b. Peneliti bertanya kepada peserta didik apa saja warna balon yang sudah dibagikan oleh Peneliti.
c. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang bisa menyebutkan warna balon dengan benar.
d. Peneliti meminta peserta didik-peserta didik untuk meniup balon tersebut.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk melepaskan balon yang di tiup.
f. Peneliti memberikan umpan balik mengenai kegiatan yang telah berlangsung.
3) RKH 3
Skenario Perbaikan
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 1
Hari/Tanggal : Rabu, 26 Februari 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Menjawab pertanyaan sederhana : apa guna air ?
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti bertanya kepada peserta didik tentang macam-macam kegunaan air.
b. Peneliti memberikan salah satu contoh gambar kegunaan air yaitu untuk mencuci baju.
c. Peneliti menyanyikan lagu “Cuci Baju”.
d. Peneliti mengucapkan kata pada lagu “Cuci Baju” satu per satu.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk mengikuti lagu yang disampaikan Peneliti.
f. Peneliti dan peserta didik menyanyikan lagu “Cuci Baju” bersama-sama.
g. Peneliti meminta peserta didik untuk maju ke depan kelas dan bercerita tentang kegunaan air.
h. Peneliti memberikan reward gambar bintang bagi peserta didik yang sudah berani maju ke depan.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Menghitung gambar peserta didik yang sedang melompat dengan satu kaki dan dua kaki kemudian menuliskannya di Lembar Kerja Peserta didik.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Peserta didik diajak melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk dengan kelompoknya di atas karpet.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti tanya jawab dengan media boneka kepada peserta didik tentang jumlah panca indera (mata, hidung, telinga, lidah, kulit)
b. Peneliti menunjukkan gambar peserta didik yang sedang melompat dengan satu kaki dan dua kaki.
c. Peneliti membagikan lembar kerja kepada peserta didik.
d. Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung jumlah gambar peserta didik yang sedang melompat dengan satu kaki dan dua kaki.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk menuliskan jumlahnya yang sesuai pada Lembar Kerja Peserta didik.
f. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang bisa menuliskannya dengan benar sesuai jumlah yang sudah di hitung.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Bercakap-cakap menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya, misal : waktu tidur, akan sekolah.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan tidak diberi meja dan kursi.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik duduk melingkar.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menanyakan kepada peserta didik tentang kegiatan waktu makan, tidur dan sekolah.
b. Peneliti meminta peserta didik satu per satu maju kedepan dan bercerita pengalamannya tentang kegiatan sehari-hari dengan media boneka.
c. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang bisa bercerita dengan media boneka denganbahasa yang jelas dan urut.
4) RKH 4
Skenario Perbaikan
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 1
Hari/Tanggal : Kamis, 27 Februari 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Menyanyi lagu ZUMI-ZUMI.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan diberi 3 lembar karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk dengan kelompoknya diatas karpet.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menyanyikan lagu “Zumi-Zumi”.
b. Peneliti menjelaskan lagu “Zumi-Zumi”.
c. Peneliti mengucapkan syair lagu “Zumi-Zumi” satu per satu.
d. Peneliti meminta peserta didik untuk menirukan nyanyian tersebut.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk maju ke depan dan menyanyikan lagu “Zumi-Zumi”
f. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang berani maju kedepan dan dapat menyanyikan lagu ‘Zumi-Zumi”
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Mewarnai gambar tempat sampah dan menuliskan jumlahnya.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik dikelompokkan dengan jumlah anggota 5 peserta didik.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar tempat sampah kepada peserta didik.
b. Peneliti tanya jawab kepada sisw tentang kegunaan tempat sampah dan akibat membuang sampah sembarangan.
c. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang dapat menjawab pertanyaan dan berani memberikan pendapatnya.
d. Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung gambar tempat sampah yang dipegang oleh Peneliti.
e. Peneliti membagikan lembar kerja peserta didik yang berisi gambar temat sampah.
f. Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar tempat sampah.
g. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang dapat mengikuti kegiatan sampai selesai.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (7-10 keping).
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran kemudian duduk.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan puzzle.
b. Peneliti memberikan contoh cara bermain Puzzle dengan benar.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk memasang puzzle dengan benar.
d. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang dapat memasang Puzzle dengan benar.
5) RKH 5
Skenario Perbaikan
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 1
Hari/Tanggal : Sabtu, 1 Maret 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri 4-6 gambar.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruang dibuat menjadi area kosong.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik duduk melingkar dan maju per kelompok.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gamber seri kepada peserta didik.
b. Peneliti menceritakan isi gambar seri kepada peserta didik.
c. Peneliti menanyakan kepada peserta didik tentang cerita yang sudah disampaikan oleh Peneliti dengan urut dan bahasa yang jelas.
d. Peneliti meminta secara berkelompok untuk maju kedepan kelas dan menceritakan kembali cerita pada gambar seri seperti yang disampaikan oleh Peneliti
e. Peneliti memberikan reward kepada kelompok yang dapat menceritakan isi gambar seri secara berurutan dan dengan bahasa yang jelas.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Memberi tanda () pada gambar bencana akibat air dan tanda (X) pada gambar bencana akibat api.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik duduk berkelompok.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar bencana banjir dan kebakaran hutan.
b. Peneliti menjelaskan kepada peserta didik tentang sebab akibat bencana banjir dan bencana kebakaran hutan.
c. Peneliti membagikan lembar kerja peserta didik satu per satu kepada peserta didik.
d. Peneliti meminta peserta didik untuk memberikan tanda () pada gambar bencana banjir dan tanda (X) pada bencana kebakaran hutan.
e. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan sempurna.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Menyebutkan hasil penambahan (menghubungkan dua kumpulan benda).
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik duduk berkelompok.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti bermain boneka dan bercerita tentang penjumlahan.
b. Peneliti menunjukkan angka-angka.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk menebak angka.
d. Peneliti menanyakan kepada peserta didik tenang jumlah boneka yang dipegang Peneliti.
e. Peneliti menanyakan kepada peserta didik tentang jumlah boneka yang dipegang salah satu peserta didik.
f. Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung bersama-sama jumlah boneka yang dipegang Peneliti dan peserta didik.
g. Peneliti membagikan lembar kerja pada peserta didik.
h. Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung jumlah gambar yang ada pada lembar kerja peserta didik dan menghubungkannya dengan angka yang sesuai.
i. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan rapi.
b. Refleksi Pelaksanaan Perbaikan
Refleksi pada siklus pertama ini dilakukan setelah kegiatan berlangsung. Hasil dari refleksi pada siklus ini antara lain : masih kurangnya motivasi yang diberikan untuk peserta didik didik, kurang menariknya media yang digunakan, kurang jelasnya penjelasan dari peneliti kepada peserta didik tentang cara melakukan kegiatan sehingga hasil yang diperoleh pada siklus 1 belum dapat maksimal dan perlu diadakan kegiatan pada siklus 2.
c. Rekapitulasi Lembar Penilaian Peserta didik
Dari hasil pelaksanaan siklus pertama, sudah terjadi sedikit peningkatan. Namun demikian, masih banyak jumlah peserta didik yang belum mampu menghitung sesuai jumlahnya. Hal tersebut dikarenakan kurang menariknya media yang digunakan dan kurangnya motivasi yang diberikan oleh peneliti. Hasil pembelajaran siklus 1 dapat dilihat dalam tabel 4.3
Tabel 4.1
Sumber Data
Siswa-siswi RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
No | Nama Murid | Nama Panggilan | JK | TTL | |
L | P | ||||
1 | Aliefah Choerunnisa | Aliefah | - | P | Banyumas, 11-08-2008 |
2 | Amanda Riska Yuliana | Manda | - | P | Banyumas, 08-07- 2010 |
3 | Azizah Eka Septiani Romadon | Azizah | - | P | Banyumas, 21-09-2009 |
4 | Bayu Febrian | Bayu | L | - | Banyumas, 21-02-2009 |
5 | Ega Bayu Saputra | Ega | L | - | Banyumas, 22-04-2008 |
6 | Fadli Anam | Fadli | L | - | Banyumas, 31-12-2008 |
7 | Syifa Lufi Salikha | Syifa | L | - | Banyumas, 09-12-2009 |
8 | Julian Faiz Habibie | Faiz | L | - | Banyumas, 08-07-2008 |
9 | Justri Cinta Mentari | Mentari | - | P | Banyumas, 19-01-2008 |
10 | Kurnia Agus Rianti | Rian | - | P | Banyumas, 18-08-2008 |
11 | Laili Nur Aini | Laili | - | P | Banyumas, 18-05-2008 |
12 | Latifatun Choerunnisa | Ifah | - | P | Banyumas, 20-04-2010 |
13 | Latoif Mansur Anam | Toif | L | - | Banyumas, 21-03-2009 |
14 | Luiza Farrah Hani | Ica | - | P | Jakarta, 13-12-2009 |
15 | Melisa Aulia Putri | Lisa | - | P | Banyumas, 10-05-2008 |
16 | Naufal Farid Azzaki | Naufal | L | - | Banyumas, 09-09-2009 |
17 | Ni'matu Sulisah Robingah | Sulis | - | P | Banyumas, 16-02-2010 |
18 | Olivia Azzahra | Olif | - | P | Banyumas, 14-12-2009 |
19 | Rafika Rosiama Sari | Pika | - | P | Banyumas, 25-02-2009 |
20 | Reediyani Naili Idgiyana | Rere | - | P | Purwakarta, 15-08-2008 |
21 | Riki Apriliano Iskan | Riki | L | - | Banyumas, 25-04-2008 |
22 | Septia Ramadhani | Tia | - | P | Banyumas, 21-09-2008 |
23 | Wildan Arif Nurakhmat | Idan | L | - | Banyumas, 22-06-2009 |
24 | Willy Setiaji | Wili | L | - | Banyumas, 17-07-2008 |
25 | Zhian Ahsan Zafir | Zhian | L | - | Banyumas, 28-06-2010 |
26 | Zilvy Maqdalena | Zilvy | - | P | Perawang, 16-09-2008 |
Tabel 4.2
Tabel Data Hasil Nilai Siklus 1
RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
No | Nama Peserta didik | I | II | III | IV | V | ||||||||||
¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ||
1 | Aliefah | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | | ü |
2 | Ega | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
3 | Bayu | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
4 | Zilvy | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | | ü |
5 | Mentari | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
6 | Rere | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
7 | Laili | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
8 | Syifa | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
9 | Zhian | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | |
10 | Naufal | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
11 | Olif | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
12 | Fadli | | ü | | | ü | | | ü | | ü | | | | ü | |
13 | Melisa | | ü | | | | ü | | | ü | | ü | | | | ü |
14 | Riki | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | | ü |
15 | Toif | | ü | | | ü | | | ü | | ü | | | | ü | |
16 | Luiza | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
17 | Sulis | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
18 | Ifah | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
19 | Manda | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | |
20 | Septia | | ü | | | ü | | | | ü | | ü | | | ü | |
21 | Jijah | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
22 | Pika | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
23 | Idan | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | |
24 | Faiz | | ü | | | ü | | | | ü | | ü | | | ü | |
25 | Rianti | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
26 | Willy | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü | | | ü |
Jumlah | 2 | 16 | 8 | 2 | 15 | 9 | 2 | 13 | 11 | 4 | 14 | 8 | 2 | 12 | 12 |
Rekapitulasi Hasil Nilai Pembelajaran Siklus 1
RA Mftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
No | Kegiatan Pembelajaran | Hasil Pembelajaran | |||||
Kurang | Sedang | Baik | |||||
Frekuensi | % | Frekuensi | % | Frekuensi | % | ||
1 | Siklus 1 | 2 | 8 | 12 | 46 | 12 | 46 |
Grafik 4.1
Grafik Hasil Pembelajaran dari Prasiklus sampai Siklus 1
RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
Keterangan : Pada siklus 1, masih ada 2 peserta didik (8 %) mendapatkan hasil yang kurang, 12 peserta didik (46 %) mendapatkan hasil yang cukup, dan 12 peserta didik (46 %) mendapatkan hasil yang baik.
2. Siklus 2
a. Skenario Perbaikan
1) RKH 1
Skenario Perbaikan
Tujuan Perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 2
Hari/Tanggal : Selasa, 11 Maret 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Melafalkan kalimat syahadat.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan Ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti melafalkan kalimat syahadat.
b. Peneliti meminta peserta didik untuk menirukan kalimat yang di lafalkan oleh Peneliti.
c. Peneliti memberikan perintah kepada peserta didik satu persatu untuk maju ke depan dan melafalkan kalimat syahadat dengan benar.
d. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang dapat mengucapkan kalimat syahadat dengan benar.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Membuat rumah boneka dengan balok-balok secara berkelompok dan menghitung baloknya.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan diberi 3 lembar karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk dengan kelompoknya di atas karpet.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti bercerita tentang kegiatan sehari-hari dengan menggunakan boneka.
b. Peneliti menunjukkan balok-balok kepada peserta didik.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk maju ke depan kelas satu per satu dan menceritakan kegiatan sehari-hari seperti yang dicontohkan oleh Peneliti dengan menggunakan boneka.
d. Peneliti membagikan balok-balok kepada peserta didik menjadi 3 kelompok.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk membuat rumah boneka secara berkelompok.
f. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang dapat membuat karya paling bagus tentang rumah boneka dengan balok-balok.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Menyebutkan macam-macam alat telekomunikasi.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan tidak diberi meja dan kursi.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik-peserta didik duduk melingkar.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar jenis-jenis alat komunikasi (Radio, TV, Koran, Surat, Majalah, HP, Telephone, Komputer)
b. Peneliti menanyakan kepada peserta didik tentang kegunaan alat komunikasi satu per satu yang di tunjukkan dengan gambar.
c. Peneliti menanyakan kepada peserta didik cara menggunakan alat komunikasi yang benar.
d. Peneliti meminta peserta didik untuk maju ke depan satu per satu dan memperagakan cara berkomunikasi menggunakan handphone dengan baik dan benar.
e. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang mau maju ke depan dan dapat memperagakan cara berkomunikasi dengan benar.
2) RKH 2
Skenario Perbaikan
Tujuan Perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 2
Hari/Tanggal : Rabu, 12 Maret 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan
1. Judul Kegiatan
Menghafalkan Asmaul Husna 1-32
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran kemudian duduk.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti melafalkan kalimat asmaul husna satu per satu sampai 32 kata.
b. Peneliti meminta peserta didik untuk mengikuti ucapan Peneliti secara berulang-ulang.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk mengucapkan kalimat asmaul husna secara bersama-sama dengan di bimbing oleh Peneliti.
d. Peneliti meminta peserta didik untuk maju ke depan kelas secara berkelompok untuk mengucapkan kalimat asmaul husna dengan benar.
e. Peneliti memberikan reward kepada peserta didik yang berani maju ke depan.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Bermain telephone-telephonan
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruang diberi 3 lembar karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk dengan kelompoknya di atas karpet.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti bercakap-cakap dengan peserta didik tentang kegunaan alat komunikasi.
b. Peneliti menunjukkan kertas lipat.
c. Peneliti melipat kertas menjadi dua berbentuk handphone.
d. Peneliti memberi angka pada kertas lipat tersebut seperti angka yang ada pada handphone.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk membuat handphone dengan kertas lipat secara sederhana dan memberi angka pada kertas lipat.
f. Peneliti meminta peserta didik untuk maju ke depan secara berpasangan bermain telephone-telephonan dengan hasil lipatan bentuk handphone dengan teman-temannya
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Tanya jawab menceritakan jenis-jenis alat komunikasi dan fungsinya.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan tidak diberi meja dan kursi.
b. Pengorganisasian Peserta didik.
Peserta didik-peserta didik duduk melingkar.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar Televisi.
b. Peneliti menceritakan kegunaan Televisi dengan menggunakan boneka.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk maju satu persatu dan menyebutkan kegunaan Televisi.
3) RKH 3
Skenario Perbaikan
Tujuan Perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 2
Hari/Tanggal : Kamis, 13 Maret 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Menirukan bunyi suara dering telephone (Tepuk Telephone)
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran kemudian duduk.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti mengucapkan syair ‘Tepuk Telephone”.
b. Peneliti meminta peserta didik untuk menirukan Tepuk Telephone secara bersama-sama.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk maju ke depan kelas satu per satu mengucapkan “Tepuk Telephone”
d. Peneliti memberikan reward bintang kepada peserta didik mau maju ke depan kelas dan mengucapkan “Tepuk Telephone”
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Menuliskan kata “majalah”
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan diberi 3 lembar karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk dengan kelompoknya di atas karpet.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti tanya jawab kepada peserta didik tentang kegunaan majalah.
b. Peneliti meminta peserta didik untuk menyebutkan kegunaan majalah.
c. Peneliti menuliskan kata majalah di papan tulis.
d. Peneliti membaca huruf “majalah” satu per satu di papan tulis dan meminta peserta didik untuk menirukannya.
e. Peneliti membagikan lembar kerja kepada peserta didik.
f. Peneliti memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencontoh huruf pada papan tulis berbunyi kata “majalah”
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Mengerjakan mazze (mencari jejak yang sederhana (tiga atau empat jalan) pada Lembar Kerja Peserta didik.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan tidak diberi meja dan kursi.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik-peserta didik duduk melingkar.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar mazze
b. Peneliti meminta peserta didik untuk mengerjakan mazze pada Lembar Kerja Peserta didik yang tersedia.
4) RKH 4
Skenario Perbaikan
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 2
Hari/Tanggal : Jum’at, 14 Maret 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Bercerita tentang gambar yang disediakan dengan urut dan bahasa yang jelas.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran kemudian duduk.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukan kepada peserta didik buku Cerita Bergambar.
b. Peneliti menceritakan isi gambar seri di depan peserta didik.
c. Peneliti meminta peserta didik untuk mengulangi isai cerita bergambar dari awal sampai akhir seperti yang disampaikan oleh Peneliti.
d. Peneliti meminta beberapa peserta didik untuk maju ke depan dan menceritakannya kembali isi gambar seri dengan urut dan bahasa yang jelas.
e. Peneliti memberikan reward bintang kepada peserta didik yang berani maju ke depan dan mampu menceritakan isi buku cerita bergambar dengan urut dan bahasa yang jelas.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Jenis Kegiatan
Mewarnai gambar boneka yang sedang memegang telephone dengan pensil warna.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan diberi 3 lembar karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk dengan kelompoknya di atas karpet.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti bermain tebak gambar kepada peserta didik.
b. Peneliti menunjukkan gambar boneka yang sedang memegang telephone kepada peserta didik.
c. Peneliti menanyakan jumlah gambar kepada peserta didik.
d. Peneliti membagikan gambar kepada peserta didik.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai dengan warna merah untuk gambar telephone dan warna hijau pada gambar boneka.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Bermain Puzzle
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Peserta didik-peserta didik bermain diluar ruangan.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk melingkar.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti membariskan peserta didik di luar ruangan.
b. Peneliti membagikan puzzle kepada pesera didik.
c. Peneliti menunjukkan cara bermain puzzle kepada pesera didik.
d. Peneliti mengajak peserta didik untuk bermain puzzle secara berkelompok.
5) RKH 5
Skenario Perbaikan
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka.
Siklus ke : 2
Hari/Tanggal : Sabtu, 15 Maret 2014
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
A. Kegiatan Pengembangan I (Pembukaan)
1. Judul Kegiatan
Bercakap-cakap tentang acara televisi yang paling disukai.
2. Pengelolaan kelas
a. Penataan Ruang
Penataan ruang dibuat menjadi area kosong untuk membentuk lingkaran.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Posisi peserta didik berdiri membuat lingkaran kemudian duduk.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti bercakap-cakap dengan peserta didik tentang acara televisi yang paling disukai.
b. Peneliti memanggil peserta didik satu per satu untuk menceritakan kegemarannya pada salah satu acara televisi.
B. Kegiatan Pengembangan II (Inti)
1. Judul Kegiatan
Mewarnai gambar penyiar TV.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan diberi 3 lembar karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik diminta duduk dengan kelompoknya di atas karpet.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti menunjukkan gambar kepada peserta didik.
b. Peneliti meminta peserta didik untuk menebak gambar yang ditunjukkan oleh Peneliti.
c. Peneliti menceritakan tugas penyiar televisi.
d. Peneliti membagikan gambar kepada peserta didik.
e. Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar yang sudah dibagikan.
C. Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul Kegiatan
Memasangkan gambar alat telekomunikasi : televisi, radio, HP dengan alat indera.
2. Pengelolaan Kelas
a. Penataan Ruang
Ruangan diberi 3 lembar karpet.
b. Pengorganisasian Peserta didik
Peserta didik duduk berbanjar.
3. Langkah-langkah Perbaikan
a. Peneliti duduk di depan menggunakan kursi.
b. Peneliti menunjukkan gambar jenis-jenis alat telekomunikasi.
c. Peneliti menanyakan kepada peserta didik tentang panca indera yang bisa digunakan dan sesuai dengan kegunaan alat komunikasi.
d. Peneliti membagikan lembar kerja anak.
e. Peneliti meminta siswa untuk mengerjakan lembar kerja anak, memasangkan alat komunikasi dengan panca indera yang sesuai.
b. Refleksi Pelaksanaan Perbaikan
Setelah dilakukan refleksi, kegiatan pada siklus kedua ini menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pada akhir siklus 1 hanya 12 peserta didik (46 %) yang mampu dengan baik memahami konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka. Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran pada siklus 2, jumlah siswa yang memahami konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka meningkat menjadi 20 anak (77 %). Dari hasil refleksi pada siklus ke-2 ini, peneliti menghentikan kegiatan penelitiannya karena di anggap sudah berhasil.
c. Rekapitulasi Lembar Penilaian Anak
Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran pada siklus 2 dengan media boneka untuk meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa peserta didik di RA Miftahul Jannah Kuntili sudah dinyatakan berhasil. Keberhasilan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pemilihan metode dan media yang menarik bagi siswa, persiapan yang matang yang tertuang dalam RKH, dan penyampaian materi yang menarik dan jelas serta motivasi yang luar biasa dari para peserta didik dan peneliti serta lingkungan sekitar. Hasil pembelajaran pada siklus 2 ini tertuang dalam tabel data 4.6.
Tabel 4.4
Sumber Data
Siswa-siswi RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
No | Nama Murid | Nama Panggilan | JK | TTL | |
L | P | ||||
1 | Aliefah Choerunnisa | Aliefah | - | P | Banyumas, 11-08-2008 |
2 | Amanda Riska Yuliana | Manda | - | P | Banyumas, 08-07- 2010 |
3 | Azizah Eka Septiani Romadon | Azizah | - | P | Banyumas, 21-09-2009 |
4 | Bayu Febrian | Bayu | L | - | Banyumas, 21-02-2009 |
5 | Ega Bayu Saputra | Ega | L | - | Banyumas, 22-04-2008 |
6 | Fadli Anam | Fadli | L | - | Banyumas, 31-12-2008 |
7 | Syifa Lufi Salikha | Syifa | L | - | Banyumas, 09-12-2009 |
8 | Julian Faiz Habibie | Faiz | L | - | Banyumas, 08-07-2008 |
9 | Justri Cinta Mentari | Mentari | - | P | Banyumas, 19-01-2008 |
10 | Kurnia Agus Rianti | Rian | - | P | Banyumas, 18-08-2008 |
11 | Laili Nur Aini | Laili | - | P | Banyumas, 18-05-2008 |
12 | Latifatun Choerunnisa | Ifah | - | P | Banyumas, 20-04-2010 |
13 | Latoif Mansur Anam | Toif | L | - | Banyumas, 21-03-2009 |
14 | Luiza Farrah Hani | Ica | - | P | Jakarta, 13-12-2009 |
15 | Melisa Aulia Putri | Lisa | - | P | Banyumas, 10-05-2008 |
16 | Naufal Farid Azzaki | Naufal | L | - | Banyumas, 09-09-2009 |
17 | Ni'matu Sulisah Robingah | Sulis | - | P | Banyumas, 16-02-2010 |
18 | Olivia Azzahra | Olif | - | P | Banyumas, 14-12-2009 |
19 | Rafika Rosiama Sari | Pika | - | P | Banyumas, 25-02-2009 |
20 | Reediyani Naili Idgiyana | Rere | - | P | Purwakarta, 15-08-2008 |
21 | Riki Apriliano Iskan | Riki | L | - | Banyumas, 25-04-2008 |
22 | Septia Ramadhani | Tia | - | P | Banyumas, 21-09-2008 |
23 | Wildan Arif Nurakhmat | Idan | L | - | Banyumas, 22-06-2009 |
24 | Willy Setiaji | Wili | L | - | Banyumas, 17-07-2008 |
25 | Zhian Ahsan Zafir | Zhian | L | - | Banyumas, 28-06-2010 |
26 | Zilvy Maqdalena | Zilvy | - | P | Perawang, 16-09-2008 |
Tabel 4.5
Tabel Data Hasil Nilai Siklus 2
RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
No | Nama Peserta didik | I | II | III | IV | V | ||||||||||
¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ¢ | ü | l | ||
1 | Aliefah | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
2 | Ega | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
3 | Bayu | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
4 | Zilvy | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
5 | Mentari | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
6 | Rere | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
7 | Laili | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
8 | Syifa | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
9 | Zhian | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
10 | Naufal | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
11 | Olif | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
12 | Fadli | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
13 | Melisa | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
14 | Riki | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
15 | Toif | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
16 | Luiza | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
17 | Sulis | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
18 | Ifah | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
19 | Manda | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
20 | Septia | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
21 | Jijah | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
22 | Pika | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
23 | Idan | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
24 | Faiz | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
25 | Rianti | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
26 | Willy | ü | ü | ü | ü | ü | ||||||||||
Jumlah | 2 | 16 | 8 | 1 | 11 | 14 | 1 | 11 | 14 | 1 | 6 | 19 | 1 | 5 | 20 |
l : Baik
Rekapitulasi Hasil Nilai Pembelajaran Siklus 2
RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
No | Kegiatan Pembelajaran | Hasil Pembelajaran | |||||
Kurang | Cukup | Baik | |||||
Frekuensi | % | Frekuensi | % | Frekuensi | % | ||
1 | Siklus 1 | 1 | 4 | 5 | 19 | 20 | 77 |
Grafik Hasil Pembelajaran dari Prasiklus sampai Siklus 2
RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
Keterangan : Pada siklus 2, ada 1 anak (4 %) mendapatkan hasil kurang, 5 anak (19 %) mendapatkan hasil yang cukup dan 20 anak (77 %) mendapatkan hasil baik.
B. Pembahasan Tiap Siklus
Dalam pelaksanaan perbaikan, seluruh kegiatan terfokus pada upaya peningkatan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa peserta didik. Hal-hal yang ditemukan dalam pelaksanaan perbaikan antara lain:
1. Kegiatan belajar mengajar akan lebih terkondisi dan tertata apabila perencanaan yang tertuang dalam RKH sudah disiapkan dengan matang.
2. Peserta didik akan lebih termotivasi dalam melaksanakan kegiatan apabila media yang digunakan menarik.
3. Ketika kegiatan yang tertulis dalam RKH sudah terlaksana namun waktu belum habis, maka guru harus siap untuk melakukan kegiatan tambahan agar peserta didik tidak jenuh dan tetap tertib.
4. Refleksi sangat berguna untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki guru sehingga guru bisa melaksanakan perbaikan.
Untuk memaksimalkan hasil dari penelitian ini, seluruh perencanaan dan pelaksanaan terkait satu sama lainnya. Pelaksanaan perbaikan bertumpu pada RKH yang telah disusun dan skenario perbaikan. Skenario perbaikan berguna untuk merencanakan dengan sistematis dan jelas langkah-langkah perbaikan pengembangan yang akan dilaksanakan dalam setiap RKH, pada hari dimana RKH telah dilaksanakan, peneliti dan Supervisor 2 serta Kepala TK melakukan refleksi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada pembelajaran yang telah berlangsung. Hasil refleksi merupakan dasar untuk membuat perencanaan dan RKH selanjutnya. Pada akhir siklus 1 masih belum mendapatkan hasil yang maksimal sehingga dilaksanakan kembali kegiatan perbaikan pada siklus 2.
Semua kegiatan pada pelaksanaan perbaikan dilaksanakan secara berkesinambungan dan terkait satu sama lain. Hal itu terlihat dari hasil perbaikan yang terus meningkat baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil perbaikan tersebut dapat dilihat dalam tabel serta diagram dibawah ini.
Tabel 4.7
Rekapitulasi Hasil Nilai Pembelajaran Siklus 2
RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
No | Kegiatan Pembelajaran | Hasil Pembelajaran | |||||
Kurang | Cukup | Baik | |||||
Frekuensi | % | Frekuensi | % | Frekuensi | % | ||
1 | Prasiklus | 5 | 19 | 12 | 46 | 9 | 35 |
2 | Siklus 1 | 2 | 8 | 12 | 46 | 12 | 46 |
3 | Siklus 2 | 1 | 4 | 5 | 19 | 20 | 77 |
Grafik 4.3
Grafik Hasil Pembelajaran dari Prasiklus sampai Siklus 2
RA Miftahul Jannah Kuntili
Kelompok B Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014
a. Pada Prasiklus, 5 anak (19 %) mendapatkan hasil yang kurang, 12 anak (46 %) mendapatkan hasil yang cukup, dan 9 anak (35 %) mendapatkan hasil yang baik
b. Pada siklus pertama, 2 anak (8 %) mendapatkan hasil yang kurang, 12 anak (46 %) mendapatkan hasil yang cukup dan 12 anak (46 %) mendapatkan hasil yang baik.
c. Pada siklus 2, 1 anak (4 %) mendapatkan hasil yang kurang, 5 anak (19 %) mendapatkan hasil yang cukup dan 20 anak (77 %) mendapatkan hasil yang baik.
0 komentar:
Posting Komentar