ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2 (APKG-PKP 2) LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
NAMA MAHASISWA NIM TEMPAT MENGAJAR TK KELOMPOK/KB/TPA TEMA SIKLUS KE- dan HARI KE- WAKTU TANGGAL | : : : : : : : : | MEI SARI’AH 819109253 RA MIFTAHUL JANNAH KUNTILI B ALAT KOMUNIKASI SIKLUS 2 / HARI KE – 2 PUKUL 07.30 – 10.00 WIB 12 MARET 2014 |
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat kegiatan pengembangan yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian Mahasiswa pada kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pengembangan serta dampaknya pada diri anak.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam kegiatan pengembangan, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. Menata ruang dan sumber belajar serta melaksanakan tugas rutin | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1.1 Menata ruang dan sumber belajar sesuai perbaikan kegiatan 1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas sesuai perbaikan kegiatan | | | | | |
| Rata-rata butir 1 = A | ||||
2. Melaksanakan perbaikan kegiatan 2.1 Melakukan pembukaan kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan 2.2 Melaksanakan kegiatan pengembangan yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lngkungan 2.3 Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan 2.4 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan dalam urutan yang logis 2.5 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan secara individual, kelompok atau klasikal 2.6 Mengelola waktu kegiatan perbaikan secara efisien 2.7 Melakukan penutupan kegiatan sesuai dengan perbaikan kegiatan pengembangan | | | | | |
| Rata-rata butir 2 = B | ||||
3. Mengelola interaksi kelas 3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan perbaikan kegiatan pengembangan 3.2 Menangani pertanyaan dan respons anak 3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan 3.4 Memicu dan memelihara ketertiban anak 3.5 Memantapkan kompetensi anak saat perbaikan kegiatan pengembangan | | | | | |
| Rata-rata butir 3 = C | ||||
4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif anak terhadap kegiatan bermain sambil belajar 4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada anak 4.2 Menunjukkan kegairahan dalam membimbing 4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi 4.4 Membantu anak menyadari kelebihan dan kekurangannya 4.5 Membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri | | | | | |
| Rata-rata butir 4 = D | ||||
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan kegiatan pengembangan 5.1 Menggunakan pendekatan tematik 5.2 Berorientasi pada kebutuhan anak 5.3 Menggunakan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain 5.4 Menciptakan suasana kegiatan yang kreatif dan inovatif 5.5 Mengembangkan kecakapan hidup | | | | | |
| Rata-rata butir 5 = E | ||||
6. Melaksanakan penilaian selama proses perbaikan kegiatan pengembangan 6.1 Melaksanakan penilaian selama proses kegiatan pengembangan sesuai dengan perbaikan kegiatan 6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan | | | | | |
| Rata-rata butir 6 = F | ||||
7. Kesan umum pelaksanaan perbaikan kegiatan pengembangan 7.1 Keaktifan proses perbaikan kegiatan pengembangan 7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan 7.3 Peka terhadap ketidaksesuaian perilaku dan kesalahan berbahasa pada anak 7.4 Penampilan guru dalam perbaikan kegiatan pengembangan | | | | | |
| Rata-rata butir 7 = G |
NILAI APKG PKP 2 = Y | Banyumas, 12 Maret 2014 |
Y = + + + + + + = 7 | Penilai ............................................... |
0 komentar:
Posting Komentar