Rabu, 14 Mei 2014

Abstrak dan Kata Pengantar

ABSTRAK

Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Di dalam pelaksanaannya, kegiatan ini menggunakan empat tahapan yang berdaur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Berhitung Permulaan dan Bahasa peserta didik dengan media Boneka. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Berhitung Permulaan dan Bahasa dalam Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan media Boneka karena media boneka ini sangat relevan di Taman Kanak-kanak atau Raudhatul Athfal karena media ini memadukan dua lingkup perkembangan dalam satu kegiatan. Penelitian ini dilakukan di RA Miftahul Jannah Kuntili dengan jumlah peserta didik sebanyak 26(dua puluh enam) anak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan bahwa sebagian besar siswa masih kurang mampu atau kurang memahami konsep berhitung permulaan dan kurang tertarik pada kegiatan berbahasa. Dengan cara pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media boneka diharapkan mampu meningkatkan kemampuan atau pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa peserta didik, memberikan dampak yang positif dan memberikan manfaat bagi semua pihak, baik bagi guru, masyarakat, orangtua peserta didik maupun lingkungan sekitarnya. Melalui siklus yang terencana, dari siklus 1 sampai siklus 2 diharapkan mampu membantu pendidik dan peserta didik dalam upaya peningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa peserta didik.
Kata kunci : berhitung permulaan, bahasa, boneka

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur atas kehadirat Alloh SWT yang senantiasa membimbing dan memberi kekuatan sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan ini. Sholawat dan salam kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang senantiasa menjadi tauladan yang baik bagi umatnya hingga akhir jaman.
Laporan penelitian ini disusun dan diajukan sebagai salah satu syarat tugas akhir pada Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PAUD4501) Program S1 PGPAUD FKIP Universitas Terbuka. Mata Kuliah PKP merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UT pada semester 7. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dituntut untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas, melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan observasi serta membuat laporan sehingga mahasiswa yang selaku guru Taman Kanak-kanak lebih terasah keprofesionalannya.
Laporan ini dapat tersusun berkat dukungan dan doa dari semua pihak. Untuk itu, peneliti mengucapkan terimakasih kepada:
1. Rektor Universitas Terbuka
2. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidian Universitas Terbuka
3. Kepala UPBJJ Universitas Purwokerto
4. Siti Aminah, S.Pd, selaku ketua Pokjar Banyumas
5. Tity Juriah, S.Pd selaku pembimbing
6. Sudarno, S.Pd selaku penasehat peneliti
7. Rekan-rekan guru RA Miftahul Jannah Kuntili
8. Teman-teman mahasiswa UT Semester 9 Pokjar Banyumas
9. Ayah dan ibu yang telah membantu baik moril maupun spirituil
10. Semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini
Dengan dukungan dari pihak-pihak itulah, penulis lebih termotivasi dan dapat menyelesaikan tugas ini.
Tak ada gading yang tak retak, dan tidak ada manusia yang sempurna. Untuk itu penulis memohon maaf apabila dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan. Penulis mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak.

Banyumas, April 2014
Penulis

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Fajri Alhadi | Published by Template Dyto Share.us | Download Film Terbaru
Sisi Remaja Ebook Teknisi Komputer