BAB III
RENCANA PERBAIKAN
A. Subjek Penelitian
1. Lokasi
Penelitian ini dilaksanakan di RA Miftahul Jannah Kuntili Unit Pendidikan Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas yang berlokasi di Jalan Pramuka No. 27 RT 1 RW 4 Desa Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Lokasi sekolah berada di pedesaan dan jauh dari keramaian dan relatif aman untuk anak. Lokasi kantor mudah di akses sedangkan kelas dan ruang bermain tersedia terpisah dan berpagar keliling sehingga memudahkan pengawasan anak-anak ketika bermain dan aman dari kendaraan yang berlalu lalang. Peneliti mengadakan penelitian ini dengan pertimbangan para peserta didik di RA Miftahul Jannah Kuntili masih belum maksimal pemahaman konsepnya dalam hal berhitung permulaan dan sebagian besar peserta didik masih kurang pada perkembangan bahasanya.
2. Waktu
Penelitian ini memakan waktu sekitar Siklus I (Minggu ke-1) dan Siklus ke II (Minggu ke-3) yang dimulai bulan Februari sampai dengan Maret 2014. Adapun waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tercantum dalam tabel di bawah ini:
No | Kegiatan | Minggu ke | Ket | |||||||
Februari | Maret | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
I | Persiapan | |||||||||
1 | Perencanaan | ΓΌ | ||||||||
II | Pelaksanaan | |||||||||
1 | Proses pembelajaran | ΓΌ | ||||||||
2 | Evaluasi | ΓΌ | ||||||||
3 | Pengumpulan data | ΓΌ | ||||||||
4 | Analisis data | ΓΌ | ||||||||
5 | Penyusunan hasil | ΓΌ | ||||||||
III | Laporan | |||||||||
1 | Penyusunan laporan | ΓΌ |
3. Tema
Pada saat pelaksanaan penelitian ini, tema yang sedang disampaikan yaitu “Air, Udara dan Api dan Alat Komunikasi”. Tema ini disampaikan selama 4 minggu dengan sub tema yang diambil adalah guna air, api, dan udara, serta macam-macam alat telekomunikasi, guna alat telekomunikasi, dan bentuk fisik alat telekomunikasi.
4. Kelompok
Penelitian ini dilakukan pada Kelompok B RA Miftahul Jannah Kuntili dengan rentang usia 5-6 tahun. Jumlah peserta didik di RA Kelompok B adalah 26 peserta didik, 11 putra dan 15 putri. Dari 26 peserta didik, ada berbagai macam karakteristik yang terlihat. 50% peserta didik menyukai kegiatan berhitung sedangkan 50% sisanya menyukai kegiatan bercerita.
5. Karakteristik Keadaan Siswa
Anak usia 5-6 tahun mempunyai karakteristik perkembangan. Dalam Strategi Pembelajaran TK, 2009 disebutkan bahwa terdapat 5 karakteristik perkembangan anak TK antara lain: fisik, kognitif, emosi, sosial, dan bahasa.
Piaget dan Woolfolk (1995), membagi tahapan perkembangan kpgnitif ke dalam 4 tahap yaitu : sensori motor, pra operasional, operasional konkret, dan formal operasional. Dilihat dari tahapan menurut Piaget, anak usia TK berada dalam tahap pra operasional, yaitu tahapan dimana anak belum menguasai operasional mental secara logis. Periode ini ditandai dengan berkembangnya Pemahaman konsep menggunakan sesuatu untuk mewakili sesuatu yang lain dengan menggunakan simbol-simbol (Masitoh, 2009).
Sebagaimana diketahui fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi yang dilakukan secara lisan, tulisan maupun perbuatan. Setiap orang mempunyai kesanggupan untuk menyatakan apa yang terkandung dalam pikirannya melalui bahasa. Jadi, bahasa juga memiliki fungsi sebagai alat untuk menyatakan diri (fungsi ekspresi) serta untuk menangkap pikiran dan perasaan orang lain (fungsi sosial).
Perkembangan bahasa pada usia Taman Kanak-kanak perlu mendapatkan perhatian penting, mengingat bahwa bahasa merupakan pusat dari pengembangan aspek-aspek yang lain. Menjadi kewajiban orangtua dan guru untuk melakukan berbagai usaha dalam pengembangan keterampilan berbahasa anak melalui berbagai kegiatan di dalam atau di luar kelas, dan kegiatan permainan bahasa yang menyenangkan anak.
B. Deskripsi Rencana Tiap Siklus
1. Rencana Pelaksanaan
a. Rencana tindakan
Rencana pelaksanaan perbaikan akan dilaksanakan melalui 2 siklus. Siklus 1 dan siklus 2 terdiri dari beberapa langkah perbaikan yang disusun secara sistematis dan mengarah pada perbaikan kualitas pembelajaran di RA Miftahul Jannah Kuntili. Adapun pelaksanaan tindakan penelitian, akan dijelaskan pada tabel berikut ini:
Tanggal Pelaksanaan | Rencana Kegiatan Harian | ||||
I | II | III | IV | V | |
Siklus 1 1. 24 Februari 2014 2. 25 Februari 2014 3. 26 Februari 2014 4. 27 Februari 2014 5. 1 Maret 2014 Siklus 2 1. 11 Maret 2014 2. 12 Maret 2014 3. 13 Maret 2014 4. 14 Maret 2014 5. 15 Maret 2014 | ΓΌ ΓΌ | ΓΌ ΓΌ | ΓΌ ΓΌ | ΓΌ ΓΌ | ΓΌ ΓΌ |
Siklus 1
1) Perencanaan
a) Meminta ijin kepada Kepala RA Miftahul Jannah Kuntili Kecamatan Sumpiuh untuk melaksanakan penelitian di Kelompok B.
b) Menunjuk teman sejawat sebagai supervisor
c) Mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang terjadi di Kelompok B.
d) Membuat rencana perbaikan pembelajaran dalam RKH.
e) Merancang alat observasi sebagai panduan dalam mengamati pelaksanaan proses pembelajaran.
f) Merancang alat evaluasi yang berupa pertanyaan dan penugasan serta menyiapkan lembar penilaian.
2) Tindakan
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran diaksanakan selama 5 hari dari Senin s.d Sabtu tanggal 24 s.d 1 Maret 2014. Berikut ini adalah rencana kegiatan harian yang akan dilaksanakan pada siklus I:
a) RKH 1
(1) Pembukaan
(a) Berdoa dan mengucap salam.
(b) Melafalkan kalimat syahadat.
(c) Menyebutkan menanyakan kepada peserta didik tentang gerakan-gerakan misal jongkok, duduk, berlari, makan, dan lain-lain.
(2) Inti
(a) Peneliti menunjukkan gambar orang yang sedang BAB
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar orang yang sedang BAB dengan pensil warna sesukanya.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung jumlah gambar balon bersama-sama yang ada di Lembar Kerja Anak.
(d) Peneliti meminta peserta didik untuk menuliskan angka yang sesuai dengan jumlah gambar balon yang sudah dihitung bersama-sama.
(e) Peneliti melempar bola ke keranjang.
(f) Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung jumlah lemparan bola ke keranjang.
(g) Peneliti meminta peserta didik menempel angka yang sudah disediakan sesuai jumlah lemparan bola di buku menempel oleh guru menggunakan lem kertas.
(3) Penutup
(a) Membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara berdasarkan percobaan (garam dan gula).
(b) Mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
(c) Doa penutup dan salam.
b) RKH 2
(1) Pembukaan
(a) Berdoa dan mengucapkan salam.
(b) Menghafalkan asmaul husna.
(c) Bermain “tepuk hujan”.
(2) Inti
(a) Peneliti bercerita tentang kegunaan air.
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk menggambar bebas di buku gambar dengan pensil warna.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk memberi tanda (ΓΌ) pada gambar anak yang bisa menghemat air dan tanda (X) pada anak yang melakukan pemborosan air.
(d) Peneliti meminta peserta didik untuk menempelkan gambar pada papan planel gambar anak yang sedang membungkukkan badan.
(3) Penutup
(a) Peneliti menjelaskan bahaya banjir akibat limbah di sungai.
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.
(c) Doa dan salam.
c) RKH 3
(1) Pembukaan
(a) Salam dan doa.
(b) Menghafal doa ketika turun hujan.
(c) Peneliti tanya jawab dengan peserta didik tentang kegunaan air.
(2) Inti
(a) Peneliti membuat bentuk ember dengan plastisin.
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk menyebutkan warna plastisin yang sudah dibentuk menjadi bentuk ember.
(c) Peneliti menunjukkan gambar banjir.
(d) Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar banjir dengan pensil warna.
(e) Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung gambar anak yang sedang melompat dengan satu kaki dan dua kaki kemudian menuliskannya di Lembar Kerja Anak.
(3) Penutup
(a) Peneliti meminta peserta didik untuk menceritakan kegiatan yang akan dilakukan sesudah peserta didik pulang sekolah.
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan.
(c) Doa dan salam.
d) RKH 4
(1) Pembukaan
(a) Salam dan doa
(b) Bercakap-cakap memelihara dan menyayangi makhluk ciptaan Alloh.
(c) Peneliti dan peserta didik menyanyikan lagu judul Zumi-zumi
(2) Inti
(a) Peneliti menunjukkan kertas lipat kepada peserta didik.
(b) Peneliti mencontohkan cara melipat kertas menjadi bentuk gelas.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk melipat kertas lipat bentuk gelas sesuai yang di contohkan oleh guru.
(d) Peneliti menunjukkan gambar tempat sampah.
(e) Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar tempat sampah.
(f) Peneliti menunjukkan pola gambar sepeda roda dua.
(g) Peneliti meminta peserta didik untuk menempel pola sepeda roda dua pada buku menempel.
(3) Penutup
(a) Bermain puzzle
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah berlangsung.
(c) Doa dan salam.
e) RKH 5
(1) Pembukaan
(a) Salam dan doa
(b) Menghafalkan doa akan tidur dan doa bangun tidur.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri yang ada pada Lembar Kerja Anak.
(2) Inti
(a) Peneliti menunjukkan gambar gelas.
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk mencocok gambar gelas.
(c) Peneliti menunjukkan gambar bencana akibat air dan api.
(d) Peneliti meminta peserta didik untuk memberi tanda (ΓΌ) pada gambar bencana akibat air dan tanda (X) pada gambar bencana akibat api.
(e) Peneliti mnunjukkan gambar rebana.
(f) Peneliti meminta peserta didik untuk menempel gambar rebana yang sudah di gunting pada buku menempel.
(3) Penutup
(a) Peneliti meminta peserta didik untuk menghitung jumlah geometri.
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah berlangsung.
(c) Doa dan salam.
3) Pengamatan
Dalam kegiatan penelitian ini, pengamatan dilakukan untuk mengevaluasi Pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa. Hal-hal yang diamati dalam tindakan penelitian siklus 1 ini meliputi langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, kegiatan peserta didik, dan Pemahaman konsep guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar.
4) Refleksi
Setelah dilakukan pengamatan, selanjutnya akan dilakukan refleksi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan yang ada di kegiatan penelitian siklus 1 dan perlu tidaknya diadakan perbaikan-perbaikan tindakan. Apabila hasil yang diperoleh dalam siklus 1 belum maksimal, maka akan dilakukan tindakan pada siklus 2.
Siklus 2
1) Perencanaan
Kegiatan pembelajaran pada siklus 2 ini, merupakan perbaikan dari kegiatan pembelajaran di siklus pertama. Adapun rencana kegiatan pada siklus 2 antara lain:
a) Mengadakan diskusi dengan teman sejawat atau supervisor 2 tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan pada siklus kedua.
b) Menyusun rencana kegiatan.
c) Pemilihan media yang menarik bagi peserta didik.
d) Menyiapkan lembar kerja anak.
2) Tindakan
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 5 hari dari Selasa s.d Sabtu tanggal 11 Maret s.d 15 Maret 2014. Berikut ini adalah rencana kegiatan harian yang akan dilaksanakan pada siklus 2:
a) RKH 1
(1) Pembukaan
(a) Berdoa dan mengucap salam.
(b) Melafalkan kalimat syahadat.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk mengambil boneka, berikan pada bu guru dan duduk kembali.
(2) Inti
(a) Peneliti menunjukkan beberapa macam gambar alat komunikasi.
(b) Peneliti meminta peserta didik menggambar bebas dengan pensil warna.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk membuat rumah boneka dengan balok-balok secara berkelompok.
(d) Peneliti meminta peserta didik mewarnai gambar alat komunikasi.
(3) Penutup
(a) Peneliti meminta peserta didik untuk menyebutkan alat-alat komunikasi.
(b) Mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan.
(c) Doa penutup dan salam.
b) RKH 2
(1) Pembukaan
(a) Berdoa dan mengucapkan salam
(b) Menghafalkan asmaul husna 1-32
(c) Peneliti meminta peserta didik melaksanakan 3 perintah secara berurutan : untuk mengambil kapur, menuliskan namanya sendiri di papan tulis, kemudian duduk kembali.
(2) Inti
(a) Peneliti menunjukkan cara melipat kertas membentuk handphone.
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk melipat kertas bentuk handphone.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk mencocok gambar HP
(d) Peneliti membagikan lembar kerja anak.
(e) Peneliti meminta peserta didik untuk memasangkan gambar alat komunikasi sesuai dengan pasangannya (kegunaannya)
(3) Penutup
(a) Gerak dan Lagu “Maju Mundur”
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.
(c) Doa dan salam.
c) RKH 3
(1) Pembukaan
(a) Salam dan doa
(b) Menghafalkan doa keluar dari masjid.
(c) Tepuk Telephone.
(2) Inti
(a) Peneliti memberi contoh cara mencocok yang benar.
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk mencocok gambar telephone yang sudah disediakan oleh peneliti.
(c) Peneliti meminta peserta didik mewarnai gambar televisi, radio dan telephone.
(d) Peneliti meminta peserta didik untuk menebalkan huruf kata “majalah” kemudian menirukan tulisan kata tersebut di bawahnya.
(3) Penutup
(a) Mengerjakan maze (mencari jejak) pada lembar kerja anak.
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan.
(c) Doa dan salam.
d) RKH 4
(1) Pembukaan
(a) Salam dan doa
(b) Menyanyikan lagu judul “Nama-nama Rosul”.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk menceritakan gambar yang disediakan guru dengan urut dan bahasa yang jelas.
(2) Inti
(a) Peneliti menunjukkan cara menjahit dengan tali rafia dengan benar.
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk menjahit dengan tali rafia gambar televisi.
(c) Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar boneka yang sedang memegang telephone dengan pensil warna.
(d) Peneliti menanyakan kepada peserta didik jenis alat telekomunikasi yang bisa dilihat dan dengar.
(e) Peneliti menempel gambar televisi.
(3) Penutup
(a) Bermain puzzle.
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan.
(c) Doa dan salam.
e) RKH 5
(1) Pembukaan
(a) Salam dan doa.
(b) Bercerita tentang si Kancil Anak Nakal.
(c) Bercakap-cakap tentang acara televisi yang paling disukai.
(2) Inti
(a) Peneliti bertanya kepada peserta didik tentang bentuk fisik alat komunikasi.
(b) Peneliti meminta peserta didik untuk menggambar bebas bentuk alat telekomunikasi.
(c) Peneliti menunjukkan gambar penyiar televisi dan menjelaskan tugas-tugasnya.
(d) Peneliti meminta peserta didik untuk mewarnai gambar penyiar televisi.
(e) Peneliti menunjukkan cara melipat kertas membentuk sapu tangan.
(f) Peneliti meminta peserta didik untuk melipat kertas membentuk sapu tangan.
(3) Penutup
(a) Memasangkan gambar alat telekomunikasi : televisi, radio, HP dengan alat indera.
(b) Mengevaluasi kegiatan yang telah berlangsung.
(c) Doa dan salam.
\
b. Langkah-langkah perbaikan
Tujuan perbaikan, hasil identifikasi, analisis, dan rumusan masalah serta rencana-rencana untuk lima kali pertemuan dalam tiap siklus, peneliti tuangkan dalam rancangan satu siklus sebagai berikut.
Siklus 1
RANCANGAN SATU SIKLUS
Siklus : Pertama
Tema : Air, Udara, Api
Kelompok : B
Tanggal : 24 Februari s.d 1 Maret 2014
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa melalui media boneka.
Identifikasi masalah :
1) Kurangnya Pemahaman konsep peserta didik dalam menghitung gambar dengan benar.
2) Kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan menceritakan dan mengurutkan isi gambar seri.
3) Kurang aktif dan atraktifnya guru dalam kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik cenderung lebih cepat bosan.
Analisis masalah :
Dari ketiga masalah yang teridentifikasi, masalah yang akan dipecahkan adalah kurangnya Pemahaman konsep peserta didik dalam berhitung dan kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan bercerita maupun mengurutkan dan menceriakan isi gambar seri karena merupakan masalah terberat dan dapat menimbulkan masalah baru. Penyebab masalah tersebut adalah kurang aktif dan atraktifnya guru dalam kegiatan mengajar.
Perumusan masalah :
Bagaimana cara meningkatkan Pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka di Raudhatul Athfal Miftahul Jannah Kuntili?
Rencana kegiatan :
RKH ke- | Pembukaan | Inti | Penutup |
I | Menyebutkan gerakan-gerakan, misal : jongkok, duduk, berlari-lari, makan, dll | Menghitung jumlah gambar balon di Lembar Kerja Anak kemudian menuliskan angkanya | Membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara berdasarkan percobaan |
II | Menirukan kembali 4-5 urutan kata | Memberi tanda (ΓΌ) pada gambar anak yang bisa menghemat air dan tanda (X) pada anak yang melakukan pemborosan air | Bercakap-cakap menjelaskan apa yang terjadi jika balon ditiup lalu di lepaskan |
III | Menjawab pertanyaan sederhana : apa guna air ? | Menghitung gambar anak yang sedang melompat dengan satu kaki dan dua kaki kemudian menuliskannya di Lembar Kerja Anak | Bercakap-cakap menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya, misal : waktu tidur, akan sekolah |
IV | Menyanyi lagu ZUMI-ZUMI | Mewarnai gambar tempat sampah dan menuliskan jumlahnya | Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (7-10 keping) |
V | Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri 4-6 gambar | Memberi tanda (ΓΌ) pada gambar bencana akibat air dan tanda (X) pada gambar bencana akibat api | Menyebutkan hasil penambahan (menghubungkan dua kumpulan benda) |
Siklus 2
RANCANGAN SATU SIKLUS
Siklus : Kedua
Tema : Alat Komunikasi
Kelompok : B
Tanggal : 11 Maret s.d 15 Maret 2014
Tujuan perbaikan : Meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa melalui media boneka.
Identifikasi masalah :
1) Kurangnya pemahaman konsep peserta didik dalam menghitung gambar dengan benar.
2) Kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan menceritakan dan mengurutkan isi gambar seri.
3) Kurang aktif dan atraktifnya guru dalam kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik cenderung lebih cepat bosan.
Analisis masalah :
Dari ketiga masalah yang teridentifikasi, masalah yang akan dipecahkan adalah kurangnya Pemahaman konsep peserta didik dalam berhitung dan kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan bercerita maupun mengurutkan dan menceriakan isi gambar seri karena merupakan masalah terberat dan dapat menimbulkan masalah baru. Penyebab masalah tersebut adalah kurang aktif dan atraktifnya guru dalam kegiatan mengajar.
Perumusan masalah :
Bagaimana cara meningkatkan pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa dengan media boneka di Raudhatul Athfal Miftahul Jannah Kuntili Kecamatan Sumpiuh?
Rencana kegiatan :
RKH ke- | Pembukaan | Inti | Penutup |
I | Melafalkan kalimat syahadat | Membuat rumah boneka dengan balok-balok secara berkelompok dan menghitung baloknya | Menyebutkan macam-macam alat telekomunikasi |
II | Menghafalkan Asmaul Husna 1-32 | Mencocok gambar HP | Gerak dan Lagu “Maju Mundur” |
III | Menirukan bunyi suara dering telephone Tepuk Telephone prok 3x Kring kring kring kring prok 3x Halo halo halo prok 3x Apa kabar prok 3x baik | Menuliskan kata “majalah” | Mengerjakan mazze (mencari jejak yang sederhana (tiga atau empat jalan) pada Lembar Kerja Anak |
IV | Bercerita tentang gambar yang disediakan dengan urut dan bahasa yang jelas | Mewarnai gambar boneka yang sedang memegang telephone dengan pensil warna | Bermain puzzle |
V | Bercakap-cakap tentang acara televisi yang paling disukai | Mewarnai gambar penyiar TV | Memasangkan gambar alat telekomunikasi : televisi, radio, HP dengan alat indera |
4) Pengamatan
Pengamatan di siklus 2 ini, dilakukan oleh supervisor 2 dan Kepala TK. Hal-hal yang diamati antara lain keantusiasan peserta didik dalam mengikuti kegiatan, pengelolaan kelas oleh peneliti.
5) Refleksi
Dalam siklus kedua, refleksi dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan pembelajaran. Hasil pengumpulan data dari kegiatan refleksi siklus kedua ini akan dibandingkan dengan hasil refleksi siklus pertama untuk mengetahui seberapa besar peningkatan Pemahaman konsep berhitung permulaan dan bahasa peserta didik.
2. Prosedur Pelaksanaan PTK
a. Supervisor 2
Pada pelaksanaan PTK ini, peneliti meminta rekan sejawat yaitu Evi Indriani, S.Pd untuk menjadi Supervisor 2. Tugas Supervisor 2 antara lain melayani konsultasi mahapeserta didik dalam penyusunan RKH dan mengamati proses kegiatan belajar mengajar. Membuat jurnal penilaian perbaikan kegiatan pengembangan.
b. Penilai
Evi Indriani, S.Pd selaku kepala TK yang bertindak sebagai penilai dalam penelitian ini. Tugas dari penilai yaitu menilai RKH dengan menggunakan APKG 1 dan perbaikan kegiatan pengembangan dengan menggunakan APKG 2.
c. Prosedur Kegiatan Pengembangan
Dalam Penelitian Tindakan Kelas di RA Miftahul Jannah Kuntili akan digunakan prosedur kegiatan pengembangan yang sistematis. Diawali dari persiapan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan dan observasi. Perencanaan akan dilaksanakan tiap siklus yang disusun secara sistematis berdasarkan hasil observasi dan refleksi. Pelaksanaan kegiatan yang disesuaikan dengan perencanaan dan menggunakan media yang menarik. Selama kegiatan berlangsung, dilakukan observasi untuk melihat segala kekurangan dan kelebihan tindakan penelitian. Setelah kegiatan berlangsung, peneliti akan melakukan refleksi dengan supervisor 2 dan kepala TK untuk menilai tingkat keberhasilan tindakan penelitian dan kekurangan tindakan penelitian agar dapat diputuskan apakah penelitian masih harus berlanjut atau dihentikan.
d. Prosedur umum kegiatan pengembangan
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan menggunakan 4 tahap yang berdaur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus dalam tindakan ini berlangsung secara berulang-ulang dan dapat dilihat dalam gambar berikut ini:
3. Rencana Pengamatan dan Pengumpulan Data
Dalam kegiatan pengamatan dan pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode seperti survey, observasi, dokumentasi.
a. Survei
Metode survei merupakan metode pengumpulan data primer yang banyak digunakan dalam penelitian bidang sosial termasuk pendidikan (Andriani, 2013). Metode ini mungkin merupakan metode penelitian yang paling sering digunakan dalam ilmu sosial (Barbie, 1987). Metode survei dapat digunakan untuk menjaring informasi mengenai opini, sikap, dan pilihan peserta didik. Untuk keperluan ini, peneliti menggunakan kuosioner pada orangtua dan wawancara pada anak untuk mengumpulkan data yang diperlukan.
b. Observasi
Data primer atau karakteristik individu dapat digambarkan dengan melakukan observasi atau pengamatan. Istilah observasi mengacu pada prosedur objektif yang digunakan untuk mencatat subjek yang sedang diteliti. Metode observasi, misalnya, dapat digunakan untuk menjaring informasi mengenai bagaimana peserta didik bersikap dan berinteraksi satu sama lain di sekolah (Andriani, 2013). Untuk itu, peneliti menggunakan instrumen penelitian yang berupa pedoman observasi atau juga berupa suatu checklist.
c. Dokumentasi
Metode dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi kecenderungan dalam penelitian dan praktek suatu kegiatan (Andriani, 2013). Dokumentasi merupakan metode untuk memperoleh atau mengetahui sesuatu dengan buku-buku, arsip, yang berhubungan dengan penelitian. Peneliti mendokumentasikan data sekolah dan nama-nama anak Kelompok B RA Miftahul Jannah Kuntili serta foto rekaman proses tindakan perbaikan pembelajaran.
4. Refleksi
a. Waktu Refleksi
Dalam penelitian ini, refleksi dilakukan setelah kegiatan pembelajaran selesai baik pada siklus pertama maupun siklus kedua.
b. Cara melakukan Refleksi
Refleksi dilakukan berdasarkan masalah-masalah yang muncul yang terangkum dalam identifikasi masalah. Refleksi dilakukan oleh peneliti dalam hal merenung, mengingat, dan menghubung-hubungkan kegiatan mengajar yang sedang maupun telah dilakukan, dengan meminta bantuan serta konsultasi kepada supervisor 2 dan Kepala TK.
c. Tujuan Refleksi
Refleksi dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh peneliti dalam kegiatan pengelolaan kelas. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk merencanakan perbaikan tindakan pengelolaan kelas.
0 komentar:
Posting Komentar