Rabu, 21 Mei 2014

Contoh Soal TAP S1 PAUD UT

Modul : Tugas Akhir Program (TAP) Semester 9 S-1 PGPAUD
Nama : MEI SARI’AH
NIM : 819109253

TUGAS KE-1
MEMBUAT ILUSTRASI PEMBELAJARAN DI TK MASING-MASING
Hari ini, Sabtu tanggal 5 April 2014, Bu Nur seorang guru RA Miftahul Jannah Kuntili sedang bersama anak-anak memulai kegiatan di kelas. Bu Nur telah merencanakan kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan anak dalam menuliskan beberapa kata sederhana yaitu menulis namanya sendiri dan menulis nama-nama hari. Kegiatan tersebut sudah menjadi pembiasaan rutin di kelas dan dilaksanakan setiap hari agar anak-anak dapat mengenal huruf secara sederhana dan disukainya karena menulis namanya sendiri adalah hal yang paling disukai anak didik Bu Nur serta menuliskan nama-nama hari sesuai hari itu adalah pembiasaan rutin. Sehingga anak-anak dapat mengenal nama-nama hari dan menghafalkannya setiap hari baik secara lisan maupun tertulis.
Tema kegiatan yang sudah disusun oleh Bu Nur pada hari itu adalah Pekerjaan dengan lagu favoritnya berjudul TUKANG KAYU.
Setelah Bu Nur melaksanakan segala pembiasaan rutin mulai dari sebelum anak-anak masuk kedalam kelas sampai dengan kegiatan pembukaan yang juga delalu di isi dengan kegiatan pembiasaan rutin, kemudian Bu Nur mengabsen anak didiknya dan tampak hadir semua.
Setelah mengabsen, Bu Nur mengajak anak-anak untuk menceritakan kegiatan nya dipagi hari sebelum anak-anak berangkat sekolah (bangun tidur, sarapan, mandi dsb) sampai anak-anak sampai di sekolah. Tiba-tiba ada anak didik yang nyeletuk bernama Aliefah : Bu Guru, aku bisa bermain tepuk. Kemudian anak tersebut maju kedepan dan memperagakan tepuk yang dikenalnya di luar materi dari RKH. Anak tersebut dengan semangatnya dan percaya diri maju kedepan dan Bu Nur pun dengan senang hati menghargai keberanian anak tersebut dan kemudian anak tersebut memperagakan. Namanya : TEPUK BADUT. Prok3x Hidung tomat … Prok3x … Rambut Kriting … Geal-geol … Prok3x … Megal-megol … 3x Perut Genduuut … Prok3x … Kamu Baduuuuut … Semua nya tertawa. Dan kegiatan hari itu tidak seperti dalam Rencana Kegiatan Harian yang sudah di susun sebelumnya, karena ada anak yang memiliki materi yang sesuai dengan Tema pada hari tersebut. Kemudian Bu Nur mengajak semua siswa untuk bermain tepuk Badut. Setelah itu baru melaksanakan kegiatan inti yang terdiri dari tiga kegiatan. Sesudah kegiatan inti, anak-anak beristirahat selama 30 menit dan kemudian anak-anak melaksanakan kegiatan akhir kemudian anak-anak pulang kerumah masing-masing merupakan kegiatan rutin sehari-hari setelah usai sekolah.

Pertanyaan :
1. Menurut Anda, tepatkah strategi pembelajaran yang dipilih dan dilaksanakan oleh Bu Nur tadi untuk mengembangkan kemampuan anak dalam menulis beberapa kata sederhana ? Jelaskan jawaban Anda.
2. Jelaskan 2 kekurangan atau 2 kelebihan strategi kegiatan yang digunakan oleh Bu Nur dikelasnya, jika dikaitkan dengan kemampuan utama yang akan dicapai anak-anak pada hari tersebut.
3. Jika dilihat dari tema yang dipilih oleh Bu Nur, apakah kegiatan yang dilakukan oleh Bu Nur sudah sesuai dengan tema ? Jelaskan jawaban Anda.
4. Jika Anda menjadi Bu Nur, bagaimana Anda menyusun kegiatan yang sesuai dengan tema dan kemampuan yang akan dicapai anak?
5. Untuk memperbaiki kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh Bu Nur, buatlah rencana Penelitian Tindakan kelas (PTK) untuk 1 siklus kegiatan yang meliputi identifikasi masalah, analisis masalah, perumusan masalah, tujuan perbaikan, dan rencana kegiatan (SKM). Kemudian, buatlah SKH dan skenario perbaikan untuk 1 hari (hari pertama saja).

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Admin minta contoh jawabannya.

Unknown mengatakan...

Tolong dong kunci jawabannya untuk menambah pengetahuan saya

Partyparty mengatakan...

Minta jawabannya bisa utk belajar

Unknown mengatakan...

Berbagi jawaban dong untuk referensi belajar

Unknown mengatakan...

Kunci jawaban nya admin

Posting Komentar

 
Design by Fajri Alhadi | Published by Template Dyto Share.us | Download Film Terbaru
Sisi Remaja Ebook Teknisi Komputer