Kamis, 15 Mei 2014

Bab 5

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis pada kegiatan pembelajaran Berhitung Permulaan dan Bahasa dengan media Boneka pada siswa Kelompok B RA Miftahul Jannah Kuntili, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kegiatan dengan media boneka dapat meningkatkan pemahaman konsep Berhitung Permulaan dan Bahasa peserta didik.
2. Penggunaan media yang beragam dan menarik, dapat meningkatkan motivasi peserta didik.
3. Kegiatan yang asyik dan menyenangkan dapat membuat anak senang sehingga indikator yang sudah ditetapkan juga akan tercapai dengan mudah.

B. Saran
Dalam mengimplementasikan hasil kegiatan belajar mengajar dengan media boneka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dan bahasa peserta didik RA Miftahul Jannah Kuntili, maka penulis mengemukakan beberapa saran sebagai berikut:
1. Bagi peserta didik
a. Bermainlah dengan hati yang senang sehingga sekolah bisa jadi tempat yang menyenangkan.
b. Turutilah nasehat orangtua dan guru kelak menjadi anak yang berguna bagi keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa serta agama.
2. Bagi pendidik
a. Guru hendaknya dapat menciptakan suasana yang asyik dan menyenangkan sehingga sekolah bisa jadi rumah yang kedua bagi peserta didik.
b. Guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang beragam dan menarik minat peserta didik dalam melaksanakan kegiatan.
c. Guru sebaiknya memberikan penjelasan yang lugas dan jelas kepada peserta didik agar indikator yang ingin diberikan dapat tercapai secara maksimal.
d. Guru sebaiknya memberikan kesempatan untuk bertanya kepada peserta didik agar mereka merasa dihargai dan diperhatikan.
e. Guru sebaiknya memperlakukan peserta didik seperti teman agar tercipta hubungan yang harmonis, menyenangkan, dan tidak kaku diantara guru dan siswa.
f. Guru hendaknya menjalin komunikasi aktif dengan orangtua murid sehingga terjadi keselarasan antara pendidikan di rumah dan di sekolah.
3. Bagi orangtua
a. Orangtua hendaknya selalu mendukung setiap bakat dan minat anak agar mereka dapat berkembang dengan maksimal.
b. Orangtua hendaknya memahami bahwa perkembangan anak tidak hanya pada lingkup Kognitif saja tetapi ada juga Bahasa, Perilaku Sosial Emosional yang juga harus di asah sejak dini.
c. Orangtua hendaknya selalu memberikan waktu yang berkualitas bagi anak karena pendidikan anak bertumpu pada orangtua, guru hanyalah sebagai fasilitator.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Fajri Alhadi | Published by Template Dyto Share.us | Download Film Terbaru
Sisi Remaja Ebook Teknisi Komputer